Tempat Wisata Jogja Kota yang Menarik

Tempat wisata Jogja kota yang menarik dan bagus sebenarnya cukup banyak dan berlokasi tidak jauh dari Malioboro atau pusat penginapan di Kota Pelajar ini. Lokasi tempat wisata terkenal yang banyak berada di pusat kota membuat kegiatan liburan ke kota Jogja selalu menyenangkan.

[caption id="attachment_230" align="aligncenter" width="730"]Tempat wisata Jogja kota Tempat wisata Jogja kota[/caption]

Di Kota Pelajar ini, kita bisa menemukan aneka rupa objek wisata baru maupun lama yang menarik. Mulai dari objek wisata alam, sejarah, belanja, hingga kuliner. Akan tetapi, mengeksplor tempat-tempat wisata yang menarik di kota ini tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Nah, bagi kamu yang kebetulan cuma punya waktu liburan yang singkat, kamu perlu tahu 10 tempat wisata Jogja kota yang menarik berikut ini.

Objek wisata Jogja kota yang menarik


Tempat wisata Jogja kota yang pertama adalah Malioboro, yang merupakan main travel destination di Jogja. Selain karena berlokasi di pusat kota, ini merupakan tempat paling menarik di Jogja. Karena disini wisatawan bisa langsung berwisata, di sekitarnya ada banyak penginapan/hotel, wisatawan juga bisa dengan mudah menemukan aneka kuliner di sana. Tidak ketinggalan, tempat ini sangat mudah diakses terutama apabila kamu datang dengan menggunakan kereta api. Selain Malioboro, sebenarnya ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, beberapa di antaranya adalah objek wisata dekat Malioboro, seperti:

1. Tempat wisata Jogja kota Pasar Beringharjo


[caption id="attachment_13" align="aligncenter" width="730"]Pasar Beringharjo: pusat batik murah Pasar Beringharjo: pusat batik murah[/caption]

Main-main ke Jogja rasanya kurang lengkap kalau kita tidak membawa pulang oleh-oleh. Selain bakpia patok atau gudeg, oleh-oleh khas Jogja yang paling sering diburu adalah kain batik atau baju batik. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk bawah buah tangan berupa baju batik, mampir saja ke Pasar Beringharjo yang lokasinya berada di ujung selatan Malioboro.

2. Titik 0 Kilometer


[caption id="attachment_231" align="aligncenter" width="696"]Titik 0 km Jogja Titik 0 km Jogja[/caption]

Tempat wisata Jogja kota selanjutnya adalah Titik 0 Kilometer yang ada di perempatan sebelah selatan Malioboro, yang dikenal juga dengan nama Titik 0 Km (Kilometer) adalah salah satu tempat nongkrong paling asik di Malioboro. Di sana ada banyak kursi-kursi permanen yang memang sengaja dibuat untuk kenyamanan para wisatawan yang ingin bersantai di sekitar tempat ini. Di malam-malam tertentu, kita akan ditemani oleh berbagai komunitas yang sengaja nongkrong di sana. Mulai dari komunitas sepeda, motor, teater, dan lain-lain.

3. Angkringan Tugu


[caption id="attachment_232" align="aligncenter" width="730"]Angkringan Tugu Jogja Angkringan Tugu Jogja[/caption]

Beralih ke ujung utara Malioboro, setelah menyeberangi rel kereta api, tidak jauh dari sana kita akan menemukan Angkringan Tugu. Angkringan tugu yang terkenal dengan minuman khasnya bernama kopi joss adalah salah satu destinasi wisata kuliner di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Di sana, selain bisa menikmati nasi kucing yang murah meriah (Rp1.000 per bungkus), kamu juga punya kesempatan menikmati aneka rupa lauk-pauknya. Mulai dari gorengan (tahu isi, bakwan, tempe), bacem tahu dan tempe, sate usus, sate kerang, ceker ayam, dan lain-lain.

4. Taman Pintar


[caption id="attachment_233" align="aligncenter" width="999"]Taman Pintar Jogja Taman Pintar Jogja[/caption]

Dari Titik 0 Km, Taman Pintar hanya berjarak beberapa menit jalan kaki ke sebelah timur. Di sana, kita akan menemukan objek wisata edukasi khas kota pelajar yang akan membuat siapapun yang mengunjunginya akan merasa takjub. Di sini, mulai dari balita hingga orang dewasa akan mendapatkan banyak pengalaman bernuansa edukasi.

5. Museum Benteng Vrederburg


[caption id="attachment_234" align="aligncenter" width="730"]Museum Vredeburg Yogyakarta Museum Vredeburg Yogyakarta[/caption]

Tempat wisata Jogja dekat Malioboro lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Benteng Vrederburg yang berada di jalan Margo Mulyo / Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan Yogyakarta. Tempat wisata Jogja kota ini cukup menarik karena nilai historisnya. Hingga saat ini benteng peninggalan zaman penjajahan Belanda tersebut masih berdiri kokoh dengan struktur bangunan yang terawat.

6. Alun-alun Kidul (Alkid)


[caption id="attachment_128" align="aligncenter" width="730"]Kendaraan Hias Alun-alun Kidul Kendaraan Hias Alun-alun Kidul[/caption]

Tempat wisata Jogja kota yang bisa kamu nikmati di malah hari adalah Alun-alun Selatan (kidul). Tapi alun-alun ini bukalah yang lokasinya paling dekat dengan Malioboro. Sebaliknya yang berlokasi paling dekat dengan Jl. Malioboro adalah Alun-alun Lor.

Hanya saja, Alun-alun Lor jarang digunakan untuk aktivitas wisata. Dan hanya dimanfaatkan untuk kegiatan atau acara tertentu saja. Sebaliknya, Alun-alun Kidul yang berada dekat dengan Keraton adalah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Alun-alun Kidul sekaligus merupakan destinasi wisata malam di Jogja yang selalu ramai selain Malioboro.

Daya tarik Alkid


Di alun-alun selatan, beberapa hal menarik yang bisa kita temui di antaranya adalah:

  • Beringin kembar

  • Aneka kuliner khas Jogja maupun Nusantara

  • Sepeda dan becak hias


7. Keraton Yogyakarta


[caption id="attachment_235" align="aligncenter" width="730"]Sultan di Keraton Jogja Keraton Jogja[/caption]

Kota Yogyakarta memang sangat kental dengan nuansa Jawa. Bahkan, Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah istimewa di Indonesia yang hingga saat ini masih menyisakan sistem kerajaan. Lokasi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat berada di sebelah selatan Jalan Malioboro.

Ada banyak hal yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke Keraton. Mulai dari kegiatan sehari-hari para punggawa dan penghuni Keraton, berbagai kesenian, dan pada saat-saat tertentu kita bisa menikmati acara-acara besar seperti Grebeg Syawal dan lain-lain. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke sana, Keraton Jogja dibuka untuk umum mulai pukul 09.00-14.00. Harga tiket masuk wisatawan lokal kurang lebih Rp 7.500.

8. Museum Sonobudoyo


[caption id="attachment_236" align="aligncenter" width="933"]Museum Sonobudoyo Jogja Museum Sonobudoyo Jogja[/caption]

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang budaya Jawa, khususnya budaya Jogja, jangan lewatkan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Museum yang mengemban tugas sebagai pengelola, pembimbing di bidang edukasi pengembang koleksi purbakala, sekaligus tempat disimpannya dokumentasi budaya sejarah dan barang-barang antik bernilai tinggi ini, merupakan destinasi wisata menarik di Jogja.

9. Taman Sari


[caption id="attachment_237" align="aligncenter" width="730"]Taman Sari Yogyakarta Taman Sari Yogyakarta[/caption]

Tempat wisata Jogja kota yang menarik dan dekat dari Malioboro lainnya adalah Tamansari. ini merupakan Komplek istana air yang menjadi tempat mandi Sultan beserta keluarga keraton pada zaman dahulu. Saat ini, masih ada banyak saksi bisu sejarah yang bisa kita temui di sana.

10. Wisata kuliner di Wijilan


[caption id="attachment_238" align="aligncenter" width="904"]Gudeg Yu Djum Wijilan Gudeg Yu Djum Wijilan[/caption]

Wijilan dikenal sebagai sentra gudeg, yaitu makanan khas Jogja yang juga wajib kamu cicipi. Selain datang menikmati gudeg langsung di warung gudeg, kamu juga bisa memesan beberapa gudeg kalengan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir, gudeg tersebut sudah di kemas sedemikian rupa agar awet dan tidak mudah basi.

11. De Mata Trick Eye Museum Yogyakarta


[caption id="attachment_239" align="aligncenter" width="730"]DeMata Trick Eye Museum Jogja DeMata Trick Eye Museum Jogja[/caption]

Tempat wisata Jogja kota yang mudah didatangi selanjutnya adalah De Mata Trick Eye Museum. Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata baru di Jogja yang kekinian dan hits serta instagramable, kamu bisa berkunjung ke De Mata Trick Eye Museum Jogja.

Jarak tempat ini dari Malioboro kurang lebih 4,5 KM. Bisa kita akses dalam waktu kurang lebih 15 menit saja. Museum 3 dimensi ini buka mulai pukul 10.00 pagi dan tutup pada pukul 22.00 malam. Harga tiket masuk De Mata Jogja sekitar Rp 50.000 per orang.

Post a Comment for "Tempat Wisata Jogja Kota yang Menarik"