12 Tempat Kuliner di Jogja yang Murah dan Enak

Tempat wisata kuliner di Jogja yang murah, sudah pasti banyak. Tapi kalau yang menawarkan rasa enak dan harga murah, ada nggak ya? Hmmm... Kalau yang itu sih... rasanya emang agak-agak sulit ditemukan. Kalaupun ada, jumlahnya pasti nggak banyak. Bagi kamu yang punya rencana untuk berwisata ke Jogja, entah itu untuk mengunjungi wisata alam yang lagi ngehits macam Hutan Mangrove Kulon Progo, Puncak 4G Gunung Gentong, Kedung pengilon (air terjun), Pantai Drini, Pantai Cemara Sewu, Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Kebun Buah Mangunan Dlingo, sampai Rumah Hobbit Dlingo; atau mungkin kamu tertarik untuk mengunjungi wisata budaya di Jogja seperti Keraton, menyaksikan kirab, dan mendatangi museum-museum bersejarah di kota pelajar ini; kamu juga pasti tertarik dengan 12 tempat kuliner di Jogja yang murah dan enak berikut ini.

Tempat wisata kuliner enak dan murah di Jogja


[caption id="attachment_104" align="aligncenter" width="600"]Kuliner Jogja Kuliner Murah di Jogja[/caption]

Warung Spesial Sambal


[caption id="attachment_105" align="aligncenter" width="600"]Kuliner Warung Spesial Sambal SS Jogja Kuliner Warung Spesial Sambal SS Jogja[/caption]

Di Jogja, Warung Spesial Sambal bisa ditemukan di banyak tempat. Bagi kamu yang doyan makanan pedas, kamu wajib menyempatkan diri ke sini. Harga yang ditawarkan adalah harga mahasiswa yang mengenyangkan tapi enggak bikin kantong bolong. Menu yang ditawarkan juga lengkap banget. Mulai dari ayam, ikan, aneka seafood, dan berbagai macam sayur-sayuran yang pastinya akan lebih nikmat kalau dipadukan dengan berbagai macam sambal yang disediakan oleh warung makan Spesial Sambal Jogja.

Angkringan


[caption id="attachment_103" align="aligncenter" width="600"]Angkringan Enak di Jogja Angkringan Enak di Jogja[/caption]

Selain gudeg, kuliner yang Jogja banget, yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Angkringan. Angkringan sendiri adalah sebutan tempat menikmati kuliner nasi kucing, yaitu sejenis nasi bungkus yang besarnya hanya sekepalan tangan orang dewasa, dilengkapi lauk-pauk berupa sambal atau tahu-tempe. Kalau kurang, kamu bisa nambah berbagai macam lauk-pauk yang dijual secara terpisah seperti sate telur, sate kerang, berbagai macam gorengan, sate usus, ceker, kepala ayam, dan lain-lain.

Kalau kamu tertarik untuk makan di angkringan, berikut adalah daftar 15 angkringan terkenal di Jogja yang enak.

  1. Angkringan Tugu

  2. Angkringan Lek Man

  3. Angkringan KR/angkringan Pak Jabrik

  4. Angkringan Pendopo Ndalem

  5. Angkringan Wijilan

  6. Angkringan Pak Jack

  7. Angkringan Nganggo Suwe (Le Adi)

  8. Angkringan Klebengan

  9. Angkringan Sendang

  10. Angkringan Pak Satari

  11. Angkringan Galau

  12. Angkringan Jeng Nana

  13. Angkringan BK Ngasem

  14. Angkringan (House of Raminten)

  15. Angkringan Kali Code


Gudeg Mercon Ibu Tinah


[caption id="attachment_102" align="aligncenter" width="600"]Gudeg Mercon Bu Ngatinah Gudeg Mercon Bu Tinah[/caption]

Kalau biasanya, rasa gudeg Jogja itu manis. Pakai, banget! di Warung Gudeg Mercon Ibu Ngatinah (Tinah), rasanya pedas nendang. Ini bisa jadi alternatif buat kamu yang pengen ngerasain lezatnya gudekg tapi ogah nyicip karena rasanya terlalu manis. Gudeg Mercon Ibu Tinah beralamat di Jalan Asem Gede No 8A Cokrodiningratan Jetis. Warung ini buka mulai pukul 21.00 sampai pukul 01.00 dini hari.

Lotek dan gado-gado Bu Bagyo


[caption id="attachment_101" align="aligncenter" width="600"]Lotek Kuliner Khas Jogja Lotek Kuliner Khas Jogja[/caption]

Lotek dan gado-gado adalah dua makanan tradisional yang cocok hampir di semua lidah masyarakat Indonesia. Nah, kalau kamu kurang suka dengan makanan-makanan manis khas Jawa yang banyak dijual di Jogja, kamu bisa mencoba gado-gado atau lotek yang punya rasa agak pedas. Salah satunya adalah di warung lotek dan gado-gado Bu Bagyo yang beralamat di Jalan Sagan baru. Per porsi, gado-gado ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp11.000-Rp15.000

Tahu Gimbal Pak Yono


[caption id="attachment_100" align="aligncenter" width="600"]Tahu Gimbal Pak Yono Jogja Tahu Gimbal Pak Yono Jogja[/caption]

Tahu gimbal legendaris Pak Yono yang bisa kita temukan di Jalan Tentara Pelajar, merupakan salah satu tempat kuliner di Jogja yang murah dan enak. Tahu gimbal yang ditawarkan mirip dengan kupat tahu yang jadi makanan khas di kota Bandung. Makanan ini disajikan dengan bumbu kacang, diberikan sayur toge, telur mata sapi, dan bakwan udang. Rasanya pedas gurih. Sangat nikmat.

Sop ayam Pak Min Klaten


Kalau kamu kebetulan berwisata ke Candi Prambanan di Klaten, kamu wajib menyempatkan diri mampir ke sop ayam Pak Min Klaten. Kamu bisa melihat warung sop tersebut di peta di bawah ini. Sop di sini per porsi dijual mulai dari Rp 4.000-Rp15.000.

Bakmi Shibitsu Jalan Raya Bantul


Kalau kamu suka dan pengen nyicip bakmi jawa, kamu bisa mampir ke warung Bakmi Shibitsu yang berada di Jalan Raya Bantul. Walaupun namanya sedikit berbau-bau Jepang, nyatanya, resep yang ditawarkan adalah resep Jawa yang benar-benar enak dan nikmat. Mi disini perporsi harganya cuma Rp16.000.

Mie Jawa warung Mbah Gito


Selain Bakmi Shibitsu, kamu juga bisa menikmati mie Jawa di warung Mbah Gito yang berada di Kotagede. Sekalian jalan-jalan lihat aneka rupa kerajinan perak di sana, kamu bisa mampir untuk menikmati kuliner yang satu ini. Warung Mbah Gito mulai buka pukul 10.00 pagi dan tutup sekitar pukul 23.00 malam.

Nasi goreng kambing spesial Pak Beni


Walaupun namanya nasi goreng kambing, sebenarnya di sini juga ada nasi goreng ayam serta nasi goreng sapi babat. Warung nasi goreng ini sudah sangat terkenal di Jogja dan menjadi salah satu tempat menikmati nasi goreng paling ramai. Harga per porsi nasi goreng yang ditawarkan mulai dari Rp11.000.

Oseng-oseng mercon Bu Narti


Cuma suka makanan pedas? Selain mengunjungi Warung SS (Spesial Sambal), warung oseng-oseng mercon bisa jadi alternatif lain. Di Jogja, oseng-oseng mercon Bu Narti adalah salah satu warung yang paling ramai dikunjungi dan paling banyak peminatnya, karena punya cita rasa yang benar-benar enak. Lokasi Warung ini ada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan.

Coto makassar Lacapila


Di Jawa, menemukan warung Coto Makassar memang agak susah. Karena masih jarang orang-orang yang membuka bisnis kuliner Coto Makassar. Tidak seperti di wilayah Kalimantan atau di kota asalnya (Sulawesi). Ngomong-ngomong soal Coto yang enak, di Jogja, salah satu yang direkomendasikan adalah Coto Makassar Lacapila yang beralamat di Jalan Krasak Kotabaru.

Nah, kalau kamu kebetulan main-main ke Kebun Binatang Gembira Loka, sempatkan diri untuk mampir ke sini, sekedar mengisi perut. Tempat kuliner di Jogja yang murah dan enak ini menawarkan coto per porsi mulai dari Rp11.000.

Sate Kere Pak Mardi


Walaupun namanya Sate Kere, namun sate olahan pak Mardi ini terkenal lezat dan enak. Sate yang ditawarkan terbuat dari daging sapi, dinikmati dengan lontong dan kuah sayur tempe. Rasanya benar-benar "yummy..." banget!

Tips wisata kuliner di Jogja


Walaupun Jogja dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang murah meriah, namun bukan berarti tidak ada tempat yang menawarkan harga mahal. Kadang-kadang, walaupun tidak semua, ada tempat-tempat tertentu di mana harga kuliner agak mahal. Misalnya, di sepanjang Jalan Malioboro. Nah, kalau kamu hanya sekedar pengen isi perut saja, kamu bisa mencari warung di gang-gang sekitar Malioboro seperti di Gang Sosrowijayan yang terkenal sebagai gudangnya penginapan murah di Jogja misalnya. Biasanya, harga makanan yang ditawarkan di dalam gang jauh lebih murah dibandingkan dengan makanan yang dijual di sepanjang Jalan Malioboro.

[caption id="attachment_54" align="aligncenter" width="600"]Sewa Mobil Murah di Jogja Sewa Mobil Murah di Jogja (Adviis Car Rental)[/caption]

Agar kegiatan jalan-jalan dan wisata kulinermu tetap menyenangkan, Sesampainya di Jogja, kamu sebaiknya sewa kendaraan untuk wara-wiri. Sewa mobil murah di Jogja bisa kamu temukan di banyak tempat. Salah satu rental kendaraan yang terkenal punya sopir-sopir yang enak dan kendaraan lengkap adalah Adviis Car Rental yang beralamat di Jalan Raya Solo-Yogyakarta dekat dengan Bandara Adisucipto. Kamu bisa menghubungi mereka melalui nomor berikut (0856-4020-5569 atau 0821-3441-5436) melalui WhatsApp, telepon, atau SMS.

Post a Comment for "12 Tempat Kuliner di Jogja yang Murah dan Enak"