10 Tempat Belanja Murah di Jogja

Jalan-jalan ke Jogja itu beda banget kalau dibandingkan dengan jalan-jalan ke daerah-daerah lain di Indonesia seperti: Lombok, Bali, atau ke destinasi wisata populer dan terkenal lainnya. Selain nuansa Jawa yang kental, hal lain yang membedakan kota pelajar ini dengan destinasi wisata lain adalah, budget berwisata. Ya, untuk makan dan tinggal di Jogja, kita tidak butuh biaya yang terlalu banyak. Karena di sana masih banyak warung-warung yang menjual nasi dengan harga di bawah Rp1.000 per bungkus (di angkringan), sewa mobil murah di Jogja; dan bahkan, pakaian berharga sekitar Rp12.000/Rp15.000 per potong hingga penginapan bertarif di bawah 100ribuan pun masih ada. Tapi kalau kamu penasaran dengan tempat wisata belanja yang paling menarik, berikut adalah info 10 tempat belanja murah di Jogja yang menawarkan aneka rupa kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kuliner, batik, otomotif, oleh-oleh khas Jogja, kerajinan, dan sampai kebutuhan rumah tangga.

Tempat belanja murah di Jogja


[caption id="attachment_15" align="aligncenter" width="600"]Tempat Belanja Murah di Jogja Tempat Belanja Murah di Jogja[/caption]

Informasi yang akan kamu baca di bawah ini secara khusus akan membahas tempat belanja, tips berbelanja, dan alamat (peta/maps).

Malioboro: pusat aneka kerajinan, aksesoris, pakaian, hingga makanan khas Jogja


[caption id="attachment_14" align="aligncenter" width="600"]Malioboro Jogja Malioboro: pusat aneka kerajinan, aksesoris, pakaian, hingga makanan khas Jogja[/caption]

Malioboro adalah ikon wisata Jogja sekaligus destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Ada apa di sana? Malioboro adalah sebuah shopping center (pusat perbelanjaan) yang menyediakan aneka rupa hasil kerajinan atau kesenian, batik, senjata tradisional, kaos Jogja/Dagadu, aneka makanan ringan (makanan khas Jogja/gudeg), aksesoris fashion, pakaian, dan lain-lain.

Jalan Malioboro yang membentang dari Kilometer 0 di sebelah selatan hingga ke rel kereta api Tugu--di kiri dan kanannya dipenuhi pedagang kaki lima, yang secara bebas membuka lapak mereka persis di depan ruko, mini market, hingga mall. Toko-toko dan pedagang kaki lima di Malioboro buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 21.00 malam. Sedangkan pasar sore Malioboro buka mulai pukul 17.00-24.00.

Apa saja sih yang bisa kita temukan di sepanjang Jalan Malioboro ini?

  • Kaos Jogja/kaos Dagadu

  • Batik murah (Rp 30.000) per potong, sampai batik sutra dengan berharga ratusan ribu

  • Aneka kuliner. Mulai dari masakan khas Jogja (gudeg), oleh-oleh bakpia, minuman ringan, sampai aneka rupa penyetan

  • Aksesoris seperti gelang, cincin, kalung, dan lain-lain

  • Benda-benda tradisional seperti keris

  • Barang antik

  • Elektronik

  • Sendal dan sepatu

  • Angkringan juga ada. Bisa kita jumpai di gang-gang sekitar Malioboro

  • Mall juga ada di sini

  • Termasuk penginapan atau hotel juga bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Malioboro




Pasar Beringharjo: pusat batik murah


[caption id="attachment_13" align="aligncenter" width="600"]Pasar Beringharjo: pusat batik murah Jogja Pasar Beringharjo: pusat batik murah[/caption]

Lokasi Pasar Beringharjo ada di Jalan Malioboro. Tempatnya, tepat di sebelah selatan. Dekat Km 0 atau seberang Mirota Batik. Pasar Beringharjo adalah pusat kain khususnya batik yang di jual secara meteran atau ada juga yang sudah jadi. Sejak dahulu, Pasar ini dikenal sebagai pusat batik murah di Jogja. Disinilah tempat dimana kita bisa menemukan baju batik yang diual Rp30.000-Rp 40.000 per potong. Tapi ingat, kalau berbelanja di sini kamu wajib tawar-menawar.

Di pintu masuk Pasar Beringharjo, biasanya berjejer penjual makanan dan minuman tradisional. Termasuk kue-kue tradisional yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh atau sekedar untuk mengganjal perut.

Pasar Klitikan (Pakuncen): tempat mencari barang elektronik, otomotif, serta pakaian baru/bekas


[caption id="attachment_12" align="aligncenter" width="600"]Pasar Klitikan (Pakuncen) Yogyakarta Pasar Klitikan (Pakuncen)[/caption]

Sebelumnya, letak Pasar Klitikan berada di sekitaran Tugu Jogja. Tapi saat ini sudah dipindahkan oleh Pemprov setempat. Pasar Klithikan atau yang oleh warga Jogja disebut juga dengan nama “Pasar maling,” merupakan tempat dimana kita bisa menemukan aneka kebutuhan sehari-hari yang dijual dengan harga murah-meriah. Mulai dari berbagai benda elektronik seperti hp bekas atau baru, sparepart hp dan motor/mobil, helm, celana jeans/denim, perlengkapan fashion, jaket kulit, benda-benda tradisional atau barang antik, dan lain-lain.

Shopping Center Jogja: surganya buku-buku baru dan bekas


Masyarakat Jogja maupun pelajar yang tinggal di kota ini lebih mengenal tempat ini dengan nama Shopping Center. Atau biasa disebut "Shopping" saja. Walaupun tempat ini sebenarnya bernama Kompleks Buku Taman Pintar. Disini, kita bisa menemukan berbagai macam buku, baik baru maupun bekas. Mulai dari novel, buku-buku pelajaran sekolah, skripsi, makalah, majalah, kitab, dan lain-lain.

Desa Wisata Krebet: sentra kerajinan batik di Yogyakarta


[caption id="attachment_10" align="aligncenter" width="600"]Desa Wisata Krebet di Yogyakarta Desa Wisata Krebet: sentra kerajinan batik di Yogyakarta[/caption]

Selain di Pasar Beringharjo dan di sekitaran Malioboro, wisatawan juga bisa berkunjung ke Desa Wisata Krebet jika ingin mencari batik murah dan berkualitas, termasuk berbagai benda hasil kerajinan khas Jogja bernuansa etnik/batik. Alamatnya berada di, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan.

Selain batik dan aneka kerajinan, sebenarnya di sini juga tersedia aneka rupa makanan tradisional khas Jogja. Mulai dari gudeg, tempe bacem, wedang asem, tape singkong, legen, dan lain-lain.

Kotagede: pusat perak terlengkap dan terbaik di Jogja


[caption id="attachment_9" align="aligncenter" width="600"]Pusat perak Kotagede Jogja Kotagede: pusat perak terlengkap dan terbaik di Jogja[/caption]

Lokasi Kotagede tidak jauh dari Kebun Binatang Gembira Loka. Di tempat ini, kamu akan menemukan ruko-ruko yang berisi berbagai macam hasil kerajinan yang terbuat dari perak. Mulai dari cincin, kalung, anting, dan berbagai macam benda lain yang juga terbuat dari perak. Seperti replika becak, sepeda motor, mobil tua, candi, hingga wayang.

Oh ya, selain bisa membeli yang sudah jadi, sebenarnya kamu juga bisa memesan secara khusus kerajinan perak yang kamu inginkan. Baik itu cincin, anting, atau yang lainnya.
Tips, sesampainya di Jogja, kamu bisa mampir dulu ke Kotagede untuk memesan cincin perak. Setelah itu, barulah kemudian kamu jalan-jalan (berwisata). Lalu kembalilah untuk mengambil perak pesananmu sebelum kamu meninggalkan Jogja.

Desa Banyusumurup: pusat kerajinan keris


[caption id="attachment_8" align="aligncenter" width="600"]Desa Banyusumurup Jogja Desa Banyusumurup: pusat kerajinan keris[/caption]

Keris yang dibuat di sini bukanlah keris sebagai senjata untuk berperang. Melainkan, keris-keris yang dijual di sini sebagian besarnya adalah replika dari keris asli yang hanya digunakan sebagai hiasan atau buah tangan.

Pasar Kasongan: sentra kerajinan gerabah, patung, dan hiasan dinding


[caption id="attachment_7" align="aligncenter" width="600"]Pasar Kasongan Jogja Pasar Kasongan: sentra kerajinan gerabah, patung, dan hiasan dinding[/caption]

Kalau kamu tertarik untuk mencari benda-benda yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik rumahmu, jangan lupa mampir ke Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Di sini, kamu bisa memilih dan membeli aneka rupa gerabah. Mulai dari pot, guci dengan berbagai motif dan bentuk, patung, hiasan dinding, furnitur, peralatan dapur, dan seabrek produk kerajinan lainnya yang cantik dan unik.

Pusat kerajinan kulit di Selatan Yogyakarta


[caption id="attachment_6" align="aligncenter" width="600"]Kerajinan kulit Yogyakarta Pusat kerajinan kulit di Selatan Yogyakarta[/caption]

Kalau kamu suka dan tertarik dengan benda-benda yang terbuat dari kulit. Mulai dari tas kulit, sepatu kulit, sandal kulit, jaket kulit, dan lain-lain, kamu wajib menyempatkan diri datang ke Jalan Parangtritis Km 11, Bantul. Di sana, kamu akan menemukan berbagai macam produk fashion seperti dompet, ikat pinggang, sepatu kertas dan lain-lain yang dijual dengan harga murah dan dibuat dari kulit asli.

Sunmor (Sunday morning) UGM: Belanja sambil jogging


 

[caption id="attachment_18" align="aligncenter" width="600"]Sunmor (Sunday morning) UGM Jogja Sunmor (Sunday morning) UGM: Belanja sambil jogging[/caption]

Sunmor adalah singkatan dari Sunday Morning. Yaitu sebuah tempat di kawasan Lembah UGM yang setiap Minggu pagi dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga atau jogging oleh mahasiswa dan masyarakat Jogja. Namun belakangan, tempat ini semakin ramai karena ada banyak pedagang kaki lima yang menggelar lapak mereka di ruas-ruas jalan. Di antara beberapa benda yang ditawarkan adalah:

  • Pakaian

  • Sepatu

  • Tas

  • Hijab

  • Berbagai aksesoris

  • Makanan, dan lain-lain


Yang pasti, Sunday morning merupakan salah satu tempat belanja murah di Jogja yang nggak boleh kamu lewatkan. Selain bisa belanja, kamu juga akan merasakan suasana yang berbeda saat berkunjung ke tempat ini karena kamu akan di sana kamu bisa melihat langsung mahasiswa-mahasiswa Jogja.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Sewa Mobil di Jogja Murah dengan Supir dan BBM

12 Tempat Wisata Baru di Jogja 2018 yang Kekinian

10 Wisata Belanja dan Kuliner di Jogja Paling Populer serta Terkenal